Memaksimalkan Standar Keamanan untuk Meningkatkan K3 Hotel

Manajemen K3 Hotel

Penerapan K3 hotel khususnya keamanan, menjadi indikator penting bagi pelanggan. Manajemen pengamanan di hotel berbintang sendiri berfokus pada keamanan tamu dan karyawan hotel. Jika ada hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, koordinasi dan komunikasi perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan service excellence di mata pelanggan.

K3 Hotel 1

Gambar: relprosecurity.com

Pertimbangan dalam K3 Hotel

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan keamanan hotel. Hal-hal tersebut mencakup tamu, karyawan, sistem kerja, properti hotel, operasional, dan evaluasi kinerja.

  1. Tamu

Keamanan tamu meliputi nyawa dan harta benda mereka. Baik tindakan keamanan responsif, maupun preventif dalam lobby dan kamar, perlu disiapkan meski tetap harus menjaga ruang privasi tamu.

  1. Karyawan dan Sistem Kerja

Karyawan hotel juga menjadi pihak yang perlu dijaga keamanannya. Selain itu, sistem kerja dan penempatan karyawan yang terstruktur secara tidak langsung turut meningkatkan keselamatan mereka.

  1. Properti Hotel

Keamanan properti hotel juga menyangkut pada kenyamanan tamu. Kehilangan dan kerusakan properti bisa diatasi dengan pengawasan dan maintenance secara terjadwal.

  1. Operasional

Kelancaran kegiatan operasional merupakan pencapaian yang turut dijaga dari pengoptimalan K3 hotel. Aktivitas operasional harian yang terganggu berpotensi mengurangi kenyamanan tamu.

  1. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja rutin perlu dilakukan untuk mengukur efektivitas kegiatan keamanan hotel. Laporan evaluasi bisa saja menghasilkan beberapa perubahan yang signifikan, seperti rotasi karyawan, mengubah jalur komando, dan sebagainya.

Masalah Internal Manajemen Hotel Terkait K3 Hotel

Semakin tinggi standar pelayanan sebuah hotel, maka kebutuhan dalam menunjang keamanan dan K3 hotel juga semakin tinggi. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Problem Sinyal di Dalam Gedung

Merupakan masalah klasik bagi hotel berbintang dengan puluhan lantai. Beberapa titik hotel, termasuk lift dan basement, sulit mendapat sinyal telepon. Hal ini krusial mengingat tim keamanan bisa dibutuhkan dimana saja dan kapan saja.

  1. Model Komunikasi yang Mengurangi Kenyamanan Tamu

Penggunaan radio atau HT (handy talkie) dengan mode loudspeaker dapat mengganggu kenyamanan tamu hotel. Padahal jalur komunikasi sudah perlu dimulai sejak dari front desk.

  1. Informasi dan Posisi Tim Keamanan Tidak Real-Time

Dalam industri pelayanan dan jasa yang berhubungan dengan customer, seperti hotel, banyak keputusan penting dikeluarkan saat last minute. Sehingga informasi harus disebarkan secepat mungkin, misalnya titik kebakaran, posisi personel keamanan, dan sebagainya.

MOTOTRBO™: Solusi untuk Masalah Komunikasi sistem K3 Hotel

Beberapa permasalahan di atas dapat diatasi dengan penggunaan sistem komunikasi real-time yang lebih efektif. Tujuannya untuk menjamin kelancaran komunikasi tim keamanan sehingga elemen K3 hotel dapat dimaksimalkan.

MOTOTRBO™ merupakan perangkat radio dua arah untuk menjawab tantangan keamanan hotel. MOTOTRBO™ seri XiR P6600i dan XiR P8600i hadir dalam teknologi DMR (Digital Mobile Radio) yang makin mumpuni dalam menggantikan peran smartphone.

Perangkat ini dapat disambungkan dengan Building Management System gedung seperti CCTV dan fire alarm, dimana pengguna MOTOTRBO™ akan menerima notifikasi jika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran dan semacamnya. Fitur Capacity Plus dan Connect Plus dapat menambah jumlah pengguna HT sampai ribuan tanpa tambahan frekuensi baru, cocok untuk bisnis hotel dengan properti luas seperti conference room dan lapangan golf.

MOTOTRBO™ juga dilengkapi modul GPS untuk mendukung fungsi indoor location tracking, dimana pengelola hotel dapat mengetahui staff terdekat dari lokasi kejadian dan segera menyelesaikan masalah. Fitur pesan singkat dan Work Order Ticketing berguna untuk menyederhanakan instruksi kerja.

Dengan teknologi aksesori audio IMPRES, pengguna dapat berkomunikasi dengan headset sehingga kerahasiaan pesan terjamin. Agar tidak mengganggu kenyamanan tamu, staff hotel juga bisa menggunakan HT dalam vibrate mode. Meski demikian, MOTOTRBO™ juga bisa dioperasikan dengan loud audio yang berguna untuk koordinasi tim. Bisa bertahan sampai 27 jam pemakaian, MOTOTRBO™ adalah media komunikasi jangka panjang tanpa perlu memikirkan tambahan biaya pulsa.

MOTOTRBO™ merupakan solusi untuk mengatasi masalah keamanan di hotel. Untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan perangkat radio dua arah profesional MOTOTRBO™, segera hubungi Motorola Solutions Excellence Centre pada tautan ini.

#RadioKomunikasi #Solusi #K3Hotel #MOTOTRBO™